Indosat

Kamis, 07 April 2011

Revolusi Playstation

Playstation logo colour.svg
Consol Playstation bisa dibilang merupakan consol yang paling diminati dan paling terkenal di dunia. Consol buatan Sony ini mampu mencapai penjualan yang fantastis. Jauh di atas para pesaingnya seperti Nintendo, Sega, maupun Microsoft sekarang ini. Meskipun bia dibilang persaingan tersebut tidaklah mudah. Secara keseluruhan Playstation lebih unggul dari masa ke masa. Mari kita lihat sekilas tentang perkembangannya.

  The original light grey PlayStation model with 
DualShock.
1. Playstation a.k.a Playstation One
Merupakan generasi pertama dari serial ini. Sistim gamenya sendiri menggunakan format CD. Sebuah revolusi baru dimana game yang dimainkan mempunyai lebih banyak data dari pada sistim yang lain pada saat itu seperti Nintendo 64 maupun Sega Master System. Karena itu consol tersebut sangat berkembang terutama pada akhir 90an dan banyak selkali game bagus yang sampai saat ini terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan sampai dibuat beberapa seri. Seperti Final Fantasy, Suikoden, Wild Arm, Tales,Star Ocean,Front Mission,Breath of Fire,Lunar, dan lain-lain. Pesaingnya sendiri tidak tinggal diam begitu saj melihat kesuksesan system CD tersebut Sega pun Mengeluarkan consol Sega Saturn tetapi karena tidak didukung dengan gama-game bagus seperti pada Playstation, maka consol ini tidak terlalu terdengar gaungnya.


 Left:Slimline PlayStation 2 Right: 
Original design with 8MB mem card and DualShock2
2. Playstation 2
Playstation generasi ke 2 ini menawarkan game yang lebih bagus grafiknya serta lebih luas lagi perkembangan gamenya karena game yang dihasilkan sudah mempunyai format DVD. Secara otomatis lebih banya permainan serta hal yang dapat dilakukan di dalam game itu sendiri. Game-game yang muncul pada seri ini banyak yang merupakan lanjutan dari seri pendahulunya tetapi ada juga yang serial baru yang tidak kalah terkenalnya,misalnya Kingdom Heart,GTA yang walaupun pada Playstation sebelumnya telah ada tetapi mengalami puncaknya pada seri ini,God of War,juga Guitar Hero. Tetapi sayangnya masa keemasan Playstation 2 sendiri tidaklah lama karena tersusul oleh consol next Gen seperti XBOX maupun Wii.


Original model, DualShock 3 controller and Slim model
3. Playstation 3
Untuk menyaingi keberadaan consol next Gen dari para pesaingnya,maka Sony membuat seri terbarunya yaitu Playstation 3. Seri ini memakai format yang berbeda dari seri yang sebelumnya yaitu format blue ray disc. Tentu saja grafik yang dihasilkan lebih bagus dari sebelumnya. Tetapi sayangnya harga yang ditawarkan terlalu mahal dibandingkan yang lain sehingga kurang begitu populer. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibuatlah seri yang lebih slim untuk memangkas biaya produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar