Indosat

Kamis, 14 April 2011

Psikotes : Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi

024
Begitu mendapatkan panggilan untuk psikotes, banyak orang yang berbondong-bondong membuka situs yang menyajikan topik-topik sekitar psikotes seperti tips dan trik menjalani psikotes, uji coba psikotes gratis, cara lolos psikotes, dan banyak topik psikotes yang lainnya.
Banyak juga yang langsung meluncur ke toto-toko buku untuk membeli beberapa buku yang mengulas psikotes.
Menganggap psikotes sebagai momok yang menakutkan sehingga berharap tidak usah melewati psikotes dan langsung ke tahap berikutnya.

Sebenarnya apakah psikotes itu?
Secara operasional psikotes dapat diartikan sebagai serangkaian tes psikologi yang dilakukan untuk tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.
Maka dalam psikotes terdapat beberapa materi sekaligus seperti tes intelegensi, tes kepribadian dan biasanya dilengkapi dengan observasi, wawancara kerja atau FGD (Focus Group Discussion).
Setiap tes selalu memiliki tujuan tertentu, aspek apa saja yang diukur.  

Hasil dari psikotes ini adalah profile mengenai diri Anda yang sebenarnya. 087
Selanjutnya adalah menyesuaikan antara profile diri Anda dengan Job Des yang dimiliki oleh perusahaan.
Apakah profile Anda sesuai dengan karakter tugas pekerjaan yang ditawarkan sehingga Anda bisa bergabung dalam perusahaan tersebut ataukah profile Anda masih belum sesuai dengan karakter dari pekerjaan yang ditawarkan.
Ilmu psikologi memang mempelajari segala sesuatu mengenai perilaku manusia, maka psikotes dapat menjadi salah satu tool untuk memprediksi kecenderungan perilaku seseorang.
037
Mirip peramal…? Bukan begitu juga, karena sebenarnya psikotes terutama tes kepribadian berupaya membaca karakter, sifat Anda berdasarkan apa yang sedang Anda kerjakan.
Di psikologi di kenal adanya alam bawah sadar , nah ketika Anda mengerjakan tes kepribadian, alam bawah sadar Andalah yang sebenarnya bekerja. Dengan melihat respon-respon Anda terbeberlah kecenderungan sifat Anda dan menghasilkan sebuah deskripsi yang akhirnya diserahkan kepada perusahaan.
Sebegitu pentingnya ya psikotes?
Lalu apa yang perlu diperhatikan ketika kita akan menghadapi psikotes…?
Dua hal penting yang perlu Anda persiapkan ketika menghadapi psikotes adalah kondisi fisik Anda dan kondisi psikologis Anda.

Faktor fisik.
Faktor ini menyangkut kesiapan fisik Anda menghadapi psikotes seperti kondisi fisik Anda secara umum. Persiapan secara fisik perlu Anda lakukan, karena ketika fisik Anda sedang tidak fit maka kinerja Anda kurang optimal dan hasilnya juga kurang optimal.
Hal yang penting untuk diketahui adalah bahwa pengerjaan psikotes membutuhkan fokus, konsentrasi, dan kinerja otak.
Maka untuk bisa memenuhi prasyarat tersebut Anda harus dalam kondisi 078sehat atu fit, tidak sedang sakit atau baru saja melakukan pekerjaan berat.

Faktor psikologis/ psikis
Yang dimaksud dengan kondisi psikologis disini adalah kesiapan Anda secara mental dalam menghadapi psikotes.
Ketika menghadapi psikotes pastikan Anda tidak sedang merasa cemas, tertekan, kondisi mood yang tidak baik atau sedang mengalami peristiwa hidup yang menyedihkan.
Sekali lagi pra syarat dari pelaksanaan psikotes
adalah adanya focus, konsentrasi dan kinerja otak, maka ketika secara psikis Anda merasa kurang nayaman focus dan konsentrasi Anda akan mudah beralih dan tidak bisa berfikir secara jernih dan lagi-lagi hal ini akan berpengaruh pada hasil psikotesnya.
Hal yang selanjutnya juga perlu diperhatikan adalah sikap Anda ketika psikotes. Tetaplah bersikap tenang dan santai. Perhatikan setiap intruksi/ petunjuk yang diberikan oleh tester dan kerjakan setiap materi sesuai dengan kemampuan Anda.
Percaya dengan kemampuan Anda sendiri adalah kuncinya.
Be your self, Thinking Positive.
081

Tidak ada komentar:

Posting Komentar